AKSI NYATA

“ Menjadi Pemimpin Pembelajaran serta Mewujudkan Kepemimpinan Murid”

Modul 1.2a.10

CGP                           : Wawan Mulyana, S.Pd

Pengajar Praktik       : Usep Saepul Anwar, S.Pd

Fasilitator                   : Christini Fujibintari, M.Pd

SMP Negeri 1 Banjarsari Kabupaten Lebak – Banten

I. Pendahuluan

Pada pembelajaran yang sering dilakukan selama ini, cendrung sikap guru terlalu memaksakan target kurikulum, tanpa bertanya pada siswa, sesuai dengan kesiapan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. di masa pembelajaran jarak jauh pada saat pandemik, pembelajaran yang diberikan setiap guru hanya berupa tugas secara tertulis.

Guru tidak melatih kemampuan murid untuk memimpin temannya dalam diskusi secara virual serta tidak memperhatikan kesanggupan siswa dalam membuat tugas dan kondisi kesiapan siswa dalam mengumpulkan tugas.

Dari latar belakang yang ada maka harus diusahakan dalam pemberian tugas menggunakan penjabaran/penjelasan. Pertemuan pembelajaran dilaksanakan secara virtual, dalam pelaksanaan pembelajaran harus ada diskusi baru selanjutnya pemberian tugas.

Tugas yang diberikan bertujuan untuk melatih siswa bertanggung jawab terhadap kesanggupan dalam mengerjakan tugas yang telah disepakati bersama. Pada pembelajaran ini dimaksudkan untuk melatih kepemimpinann siswa melalu virtual

Nilai dan peran guru sebagai pemimpin pembelajaran dapat tercapai dengan pembelajaran yang melatih kepemimpinan murid. Memberikan ruang gerak kepada siswa untuk berkreasi dalam menyampaikan ide ide pada diskusi dengan menggunakan gaya Bahasa mereka.

Tujuan pembelajaran mewujudkan kepemimpinan murid serta Keberhasilan pembelajaran ini dapat dilihat dari tugas yang dikirimkan oleh siswa sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh siswa dan siswa bebas berkreasi dalam melakukan presentasi melalui google meet sesuai dengan kemampuan dan keinginan siswa.

II. Metode Aksi Nyata

Pembelajaran dilakukan secara daring (tatap maya) mengunakan aplikasi google meet. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang dilakukan, diikuti oleh siswa SMP Negeri 1 Banjarsari Kabupaten Lebak, kelas VIII-A dengan materi Bahaya Pergaulan Bebas.

Proses pembelajaran tersusun dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Langkah pembelajaran sebagai berikut ;

  1. Guru menayangkan power point sesuai dengan materi pokok
  2. Pembentukan sesuai dengan jarak terdekat dari rumahnya masing masing.
  3. Siswa menangapi pertanyaan-pertanyaan dari kelompok lain pada saat kelompoknya presentasi.
  4. Guru memberikan arahan untuk membuat tugas proyek karya  dengan judul “Bahaya Pergaulan Bebas”.

Tugas proyek merupakan tugas penilaian keterampilan dengan memberikan urutan kegiatan ;

  1. Perencanaan,
  2. Pelaksanaan,
  3. Penilaian.

Perencanaan dilakukan pada saat pembelajaran daring (tatap maya). Perencanaan yang dilakukan adalah penyusunan karya tulis serta presentasi sesuai kesanggupan siswa. Presentasi dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran menggunakan google meet di lakukan dengan sesuai dengan kemampuannya.

Dalam pelaksanaan pembuatan tugas untuk presentasi siswa diberikan kebebasan dalam mencari sumber. Penilaian dilakukan berdasarkan produk karya tulis dan presentasi, karya siswa tersebut di kirimkan oleh siswa ke classroom.

III. Hasil dan Pembahasan

Pembelajaran untuk mewujudkan kepemimpinan murid dengan tugas proyek berupa produk karya tulis dan presentasi dari hasil diskusi secara virtual Kesulitan yang dihadapi pada saat upload video menjadi diskusi kecil dari siswa kepada guru. Siswa diberikan kebebasan mengirimkan karya. Siswa mengirimkan tugas sesuai dengan yang direncanakan. Hasil karya dan presentasi sesuai dengan kemampuan siswa.

Dalam presentasi, siswa cendrung membaca teks, meskipun di awal presentasi tidak mengunakan teks karena isinya perkenalan diri. Tetapi siswa ada juga yang menyajikan seperti presenter. Siswa memiliki kemampuan dan keunikan tersendiri dalam menyampaikan presentasi.

IV. Simpulan

Pembelajaran yang dilakukan untuk melatih kepemimpinan murid dalam memimpin pembelajaran di forum diskusi secara virtual.

V. Refleksi Guru

Dalam pembelajaran melatih kepemimpinan murid perlu adanya arahan yang jelas sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Pembelajaran akan lebih bermakna dan memberikan pemahaman yang berkesan dalam pengetahuan siswa sehingga dapat terukur kompetensi yang dimilki oleh siswa.

Lampiran

1. Karya tulis siswa

2. RPP pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *